tubulocity.com – Kompetisi klub terbesar di sepak bola Eropa kembali, dan beberapa nama dan pemain paling bersinar akan ditampilkan pada malam pertama aksi Liga Champions musim ini pada hari Selasa.

Pemegang Real Madrid melakukan perjalanan ke Skotlandia saat mereka menghadapi Celtic di tempat yang pasti akan menjadi Parkhead yang bising, sementara favorit turnamen Manchester City menuju ke Sevilla.

Thomas Tuchel akan berharap untuk membawa Chelsea kembali ke kandang pemenang seperti yang dia lakukan pada tahun 2021, dimulai dengan pertandingan tandang di Dinamo Zagreb, sementara dua pertandingan kelas berat Eropa di Prancis saat Paris Saint-Germain menjamu Juventus.

Dinamo Zagreb v Chelsea Padahal, Zagreb akan menjadi lawan Kroasia pertama Chelsea di laga kompetitif.

Pasukan Tuchel akan menjadi tim Inggris kesembilan yang menghadapi Zagreb di kompetisi Eropa. Klub Kroasia telah memenangkan dua dari tiga pertemuan terakhir mereka dengan lawan Inggris (K1), sebanyak 16 pertandingan pertama mereka sebelumnya (M2 S3 K11).

Chelsea hanya kalah satu kali dari 11 pertandingan tandang terakhir mereka di Liga Champions (M8 D2), kekalahan 1-0 di Juventus musim lalu. Memang, kekalahan di Turin itu adalah satu-satunya dari 17 pertandingan kandang dan tandang penyisihan grup terakhir mereka di kompetisi (M11 D5).

Sevilla vs Manchester City Ini akan menjadi musim kedua di mana Sevilla dan City akan bertemu di kompetisi besar Eropa. Satu-satunya contoh sebelumnya melihat City menang kandang dan tandang di babak penyisihan grup Liga Champions 2015-16.

Pasukan Julen Lopetegui telah lolos ke Liga Champions untuk musim ketiga berturut-turut. Mereka tidak terkalahkan pada matchday satu di masing-masing dari enam penampilan terakhir mereka di kompetisi (W2 D4), meskipun masing-masing dari empat pertandingan pembuka sebelumnya seri, termasuk dua kali melawan tim Inggris (2-2 v Liverpool di 2017-18, 0- 0 v Chelsea pada 2020-21).

Striker City Erling Haaland telah mencetak 23 gol dalam 19 penampilan Liga Champions, rasio gol/permainan terbaik dari pemain mana pun dalam sejarah kompetisi dengan minimal 10 penampilan (1,2). Pemain Norwegia itu mencetak delapan gol dalam enam pertandingan untuk Salzburg dan 15 dalam 13 pertandingan untuk Borussia Dortmund, dengan empat golnya tercipta dalam dua pertandingan melawan Sevilla pada 2020-21.

Celtic v Real Madrid Satu-satunya pertemuan antara Celtic dan Real Madrid dalam kompetisi ini adalah perempat final Piala Eropa 1979-80. Madrid menang agregat 3-2 setelah unggul 3-0 di leg kedua.

Celtic mungkin memiliki pekerjaan mereka dipotong, sebagai juara bertahan Liga Champions hanya tersingkir dari penyisihan grup pertama mereka di salah satu dari 28 musim terakhir, dengan Chelsea tersingkir pada 2012-13.

Dan hanya satu dari 27 pemegang terakhir yang kalah dalam pertandingan pertama mereka di kompetisi musim berikutnya (W16 D10), dengan Liverpool dikalahkan 2-0 di Napoli pada 2019-20.

Bos Celtic Ange Postecoglou akan menjadi orang Australia pertama yang melatih di Liga Champions. Secara keseluruhan, dia adalah orang kelima yang memimpin Celtic di turnamen tersebut, setelah Martin O’Neill, Gordon Strachan, Neil Lennon dan Brendan Rodgers.

Paris Saint-Germain v Juventus hanya kalah satu kali dari 30 pertandingan kandang terakhir mereka di babak penyisihan grup Liga Champions (W24 D5), kekalahan 2-1 dari Manchester United pada Oktober 2020.

Juve telah memenangkan 15 dari 17 pertandingan penyisihan grup terakhir mereka di Liga Champions, kalah dua lainnya, di kandang dari Barcelona pada Oktober 2020 (2-0) dan tandang di Chelsea pada November 2021 (4-0).

Lionel Messi dari PSG telah mencetak 72 gol dalam 69 pertandingan grup di Liga Champions. Ke-76 golnya di fase grup secara keseluruhan merupakan rekor kompetisi sepanjang masa, dengan pemain Argentina itu mencetak lima gol dalam lima pertandingan grup untuk klubnya saat ini musim lalu dengan masing-masing gol tercipta di Parc des Princes.

Kompetisi klub terbesar di sepak bola Eropa kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.